TEKNIK PROMOSI BUKU

 NARASUMBER:  WIDYA SETIANINGSIH

MODERATOR   :    ZINUDIN, MM

PERTEMUAN KE- 28, GELOMBANG 23-24

TEMA : TEKNIK PROMOSI  BUKU


Bapak AKBAR ZAINUDIN, MM. MJW. Seorang trainer dan motivator nasional, pendiri PT. EMJEWE Training & Coaching serta perusahaan penerbitan MJW group. Penulis 13 buku motivasi . Buku terbaru beliau adalah The Power of Man Jadda Wajada. Semacam penyempurnaan dari Man Jadda Wajada seri pertama. Sudah cetakan ke-13 sudah beredar 55.000 eksemplar. Masyaallah luarrrr biasooo!!!




 STRATEGI PEMASARAN BUKU

Strategi pemasaran, termasuk buku terdiri dari empat hal, yang biasa disebut sebagai 4P, yaitu Product (Strategi Produk), Price (Strategi Harga), Place of Distribution (Distribusi), dan Promotion (Promosi). 

Sebelum kita bahas empat strategi di atas, yang perlu kita lakukan bahkan sebelum menulis adalah menentukan target audiens atau pembaca kita siapa. Karena strategi untuk anak-anak tentu saja berbeda dengan strategi untuk remaja, demikian juga untuk orang tua. 

STRATEGI PRODUK.

Ini sebenarnya lebih banyak menjadi tanggung jawab penerbit. Kita sebagai penulis lebih banyak memberikan masukan kepada penerbit siapa target pembaca kita dana pa kebutuhan mereka terhadap buku kita. 

Dengan demikian, konsep buku yang akan diterbitkan nanti menyesuaikan dengan kebutuhan dari target audiens.  

 STRATEGI HARGA. 

Menentukan harga buku juga biasanya menjadi tanggung jawab penerbit. Pada dasarnya penentuan harga buku, ada dua strategi. Pertama, adalah harga buku secara umum. Dan Kedua adalah buku dijual dengan harga premium (lebih mahal dibandingkan buku biasa).

Harga buku bisa dijual lebih mahal jika mempunyai nilai tambah dibandingkan dengan buku-buku yang lain. Misalnya hard cover, ditambah bonus-bonus (voucher seminar, wo…

 STRATEGI PROMOSI

Program promosi bisa dilakukan oleh penerbit maupun penulis. Beberapa program promosi yang bisa dilakukan. 

Pertama,

 Launching buku. Adalah program untuk meluncurkan buku baru. Bisa di aula, masjid, lembaga pendidikan, hotel, di mana saja. Yang mengadakan bisa penerbit maupun penulis. Yang membiayai launching buku siapa? Bisa penerbit, bisa penulis. Kita perlu meyakinkan penerbit kalau buku kita akan laku, karena itulah mereka perlu menyelenggarakan program launching buku. 

Kalau di Gramedia, di toko-toko buku mereka ada tempat untuk launching buku. Kita bisa memanfaatkan tempat ini. Jadi kita promosikan acaranya, tempatnya di toko buku Gramedia. 

Kedua, 

Bedah Buku. Bedah buku adalah acara diskusi untuk membedah isi buku kita. Bedah buku Sebagai tambahan, Sekarang ini sebagai seorang penulis, kita kalau bisa memiliki beberapa keterampilan yang akan membantu proses penjualan buku. 

Pertama, keterampilan berbicara yang baik di depan umum (public speaking). Agar pada saat kita ada acara ataupun rekaman di Medsos dan YouTube, menjadi menarik bagi calon pembaca.

Kedua, kemampuan copywriting (membuat kata menarik untuk promosi dan penjualan). Ini salah satu keterampilan paling penting untuk menjual pada Abad 21. 

Ketiga,

 Pemanfaatan teknologi informasi. Bagaimana memanfaatkan media sosial seperti YouTube, WA, IG, Facebook, Zoom, Webex, Google Meet, dan sebagainya. Karena eranya sekarang seperti itu. Kalau kita bisa memanfaatkan dengan baik, hidup akan lebih mudah.

 Sebelum sesi saya ak6hiri, saya akan praktik langsung promosi buku saya yang terkait tulis menulis, yaitu UKTUB: Strategi Menulis Buku dalam 180 Hari. 

Yang membeli buku UKTUB mala mini, GRATIS KONSULTASI DAN MENTORING untuk penulisan 1 buah artikel. Artikel apa saja. Mulai dari ide, membuat outline, sampai tulisan sudah jadi saya akan review dan edit beberapa kesalahan yang. ada. Mohon maaf, mentoring saya sebenarnya mahal, tapi khusus mala mini saya berikan gratis sebagai bonus bagi yang membeli buku. Hanya malam ini. Besok sudah tidak ada. Jangan lewatkan, apalagi menyesal kemudian.

Pesan malam ini, boleh bayar besok. Harga Rp 100.000 belum termasuk ongkos kirim Pesan ke Ibu Ikoh di: 0857-1195-6118.

Formatnya. Pesan Buku UKTUB

Nama:

Alamat: 

No HP:

Jumlah Eksemplar:


Beliau melakukan 7 strategi pemasaran buku di atas. Jadi, bukan hanya teori, tetapi semuanya sudah dilakukan. Lalu kalau ditanya mana yang paling mengena, setiap program kita mempunyai fungsi dan tujuan yang berbeda. 

Update status di IG, FB, dan YouTube biasanya akan lebih banyak membuat orang tahu. Nah, transaksi terjadi di WA. Jadi, cara kita menjawab di WA juga sangat berpengaruh. 

Yang juga penjualannya banyak adalah saat kita mengadakan acara, baik online maupun offline. Sehabis seminar,a biasanya orang tertarik dengan apa yang kita bicarakan, lalu membeli buku kita. 

Jadi, sebelum seminar beliau selalu pikirkan program apa yang beliau buat khusus buat seminar yang akan beliau selenggarakan. Seperti malam ini,…

Langsung pada sesi bertanya:

Menjawab pertanyaan 1

UKHTUB, artinya menulislah yang bersal dari bahasa arab. Menilis buku itu seperti apa, mulainya dari mana ? Menulis itu mulai dari ide kalau sudah ada ide mengembangkannya bagaimana, Beliau mulai membuat auotline. dengan membuat peta pikiran yaitu what, why, dan how. Cara dan strateginya bagaimana? Buku ini laku atau tidak , pembacanya siapa saja.bagaimana mengirimkan ke penerbit.

Menjawab pertanyaan 2

Hilangkan  kekhawatiran dan ketakutantakutan 

Mulai dari mana,  kalau saya tidak meneruskan tulisan saya bagaimana?lisan tidak meneruskan bagaimana? kalau selesai buku saya  diterima atau kalau buku saya sudah jadi diterima atau tidak oleh penerbit? 

Jadi semua kekhawatirandan ketakutan dihilangkan teruslah menulis dengan disiplin menulis setiap hari.  . Setiap hari menulis tahun depan tulisan sudah bagus  kalau tidak jangan harap bisa menulis.

Teknik Promosi untuk pemula atau mahir.

Punya facebook, IG,wa, upload saja.Yang penting mulai saja. Kalau tidak laku tida apa-apa, Berhenti mengatakan sebagai penulis pemula, Penulis pemula itu anak paud, ini sudah menulis skripsi, menulis RPP. Itu bukan penulis pemula namanya. Berhenti mengatakan diri kita sebagai penulis pemula.

Menjawab pertanyaan 3 

Agar tulisan kita buming bagaimana caranya?

Tentukan audien kita siapa, tulis sesuai kebutuhan sesuai bahasa mereka

Saya buku tidak sangat umum motivasi umum dewasa dia dia remaja, orang dewasa motivasi tinggi

 manjadda 

Menjawab pertanyaan ke 4 

 Percaya diri harus dipupuk terus hasil latihan terus menerus ada prestasi  kecil tulis tarok di blok di caba tulis di kompasiana di

Agar harus berlatih, menulis itu suatu keterampilan setiap hari 10 rb jam dari smp sampai  kalau sudah ada kemampuan baru percaya diri.net workingnya di mesjid, sekolah itu harus kita baikan dia dari lembaga pendidkan saya punya pelatihan motivasi ambil dari net work kita punya kita bisa lakukan itu, pelatihan motivasi manjadda wajadda pertama saya tidak dibayar. membuat buku booming karena hubungan  baik/ pakai jaringan yang kita punya.

Menentukan harga buku 

ongkos cetak 5000 jual nya kali 5 lipat 25 rb,  10 jual 50 rb, premium terkenal 50 rb 70 rb

untuk penulis 10 persen 

Menjawab pertanyaan 4 Seminar jangan kita yang bayar cari cara,  berjuang dulu lembaga pendidikan yang paling gampang. 

ke mesjid yang kita kenal tidak harus pakai uang.

Menjawab pertanyaan 5 

 Sudah punya ide menulis di online yang banyak itu di jurnal 

metode mengajar.


Teknik promosi buku mulai dari menulis buku sampai pengiriman buku ke penerbit. Sebelum ke penerbit kita promosikan ke rekan kerja teman di fb,IG, GRUP WA. Perlu kesabaran dalam mempromosikan buku agar dikenal semuua pembaca.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumahku Surgaku

Pemasaran Buku

Membuat Resume Mendunia